Sabtu, 19 Juli 2014

review / mengenal yamaha APX 500ii




REVIEW YAMAHA APX-500II (GITAR AKUSTIK)


 
Yamaha adalah salah satu perusahaan pembuat alat-alat musik yang terus berkreasi dengan produk-produknya. Salah satu produknya yang diklaim sebagai produk terlaris di dunia adalah Gitar Akustik Elektrik YAMAHA APX-500II.
Gitar Akustik Elektrik YAMAHA APX-500II ini  seperti seri APX lain yang dirancang dengan fokus pada permainan.. juga salah satu gitar terlaris didunia. Bentuknya yang tipis dan potongannya memberikan akses upper fret yang sangat luar biasa hebat, dan memberikan perubahan yang lancar antara alat musik akustik dan listrik, berikut detail YAMAHA APX-500II yang membantu anda untuk lebih mengenal produk andalan Yamaha ini.
1.  Fitur.
Gitar ini diproduksi di Indonesia, Kayu yang digunakan untuk YAMAHA APX-500II adalah kayu pilihan kulaitas nomer satu. Pada bagian depan dan bagian sisi digunakan kayu Nato sementara bagian Bridge(tempat pin bridge/ bagian gitar selain tuning yang berfungsi menjepit senar)  dan fretboard ( Biasa disebut finger board, yaitu tempat freet gitar terletak) terbuat dari kayu sonokeling, Untuk headstock nya sendiri terbuat dari kayu laminating cemara sedangkan tuner yang berfungsi untuk tuning senar terbuat dari die-cast tuner yang sangat mudah digunakan saat menentukan nada dasar dalam gitar. Perbedaan yang mencolok yang dimiliki YAMAHA APX-500II dibanding YAMAHA APX 500 dan YAMAHA APX 700II adalah pada bagian Headstock. 500 dan 700II menggunakan kayu cemara solid sehingga sedangkan YAMAHA APX-500II menggunakan Kayu cemara laminating sehingga lebih mudah digunakan.
2.    Sound.
Rata rata review di UltimateGuitar.com salah satu situs referensi para musisi memberikan nilai 9 untuk suara YAMAHA APX-500IIMemang saat dimainkan secara akustik suara yang dihasilkan rada sedikit lembek dan datar namun tetap saja masih enak untuk didengar, salah satu kelemahan nya saat di mainkan secara akustik adalah suara bass yang dihasilkan kurang berasa ngebas. Namun saat anda memainkan nya secara elektrik dengan menghubungkan gitar ke amplifier maka semua kelemahan tadi akan hilang dan gitar YAMAHA APX-500II mampu menghasilkan suara yang mengagumkan.
3.    Finishing Body Gitar.
“Overall, it is Perfect” begitu yang tertulis di salah satu situs referensi gitar, Hal ini bisa dimengerti karena Fretboard yang tipis sehingga memudahkan jari-jari kita berpindah saat memainkan gitar, Apalagi finishing untuk gitar ini dibuat seamless alias seolah-olah tanpa sambungan sehingga semakin mendukung bagian luar nya yang dibuat glossy dan mengkilap. Pemilihan warna gelap untuk bagian Bridge dan Fretboard nya juga semakin menambah keren gitar ini.
4.    Daya Tahan.
Ella parkinson kendati baru memiliki gitar ini selama satu minggu namun dia sudah yakin akan daya tahan gitar YAMAHA APX-500II, Bahkan dia sudah yakin akan menggunakan nya pada acara-acara yang akan dia gelar tanpa khawatir menggunakan gitar cadangan. Nilai 10 diberikan kepada gitar ini  dalam hal kemampuan atau daya tahan nya.
Berikut spesifikasi YAMAHA APX-500II yang bisa anda jadikan referensi sebelum membeli:
Atas              : Spruce
Belakang       : Nato/Meranti
Samping        : Nato/Meranti
Neck             : Nato
Papan Jari      : Rosewood
Batang          : Rosewood
Body Depth    : 80-90mm (3 1/8" - 3 9/16")
Lebar Nut      : 43mm
Panjang String : 634mm
Tuner           : Die-Cast Chrome
Preamp         : System 65
Sebagian besar situs musik dunia memberikan rating 4.5 Bintang dari maksimal 5 Bintang (4.5/5), wah sungguh gitar yang hampir mendekati sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar